PPOB Itu Apa?

PPOB Itu Apa?

PPOB Itu Apa?

PPOB atau Payment Point Online Bank adalah sistem pembayaran online dengan memanfaatkan fasilitas perbankan, Sitem ini dibuat untuk memudahkan masyarakat membayar segala jenis pembayaran tagihan secara online real time sehingga proses rekonsiliasi data dan dana bisa lebih cepat dan akurat, update data dan arus keuangan berlangsung real time.

Sitem PPOB dapat melayani pembayaran tagihan bulanan seperti PLN, TELKOM, PDAM, BPJS, TV berlangganan cicilan Motor Dan lain-lain. PPOB tidak hanya melibatkan jasa perbankan saja sebagai lembaga keuangan, tetapi juga melibatkan lembaga switcing sebagai pengatur lalu lintas data, dan terakhir outlet-outlet atau loket-loket ppob yang melayani langsung ke pelanggan.

Kehadiran sitem PPOB ( Payment Point Online Bank ) memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam melakukan pembayaran, Dan pelanggan pun dapat melakukan pembayaran sendiri dimana saja dan kapanpun selama 24 jam nonstop, Kehadiran sistem PPOB juga memberikan peluang usaha bagi siapa saja dan dimana saja. Bisnis ppob atau bisnis membuka loket pembayaran dapat dijadikan sebagai usaha sampingan terutama bagi pemilik Mini Market, Konter, Warnet, Wartel, Warung, Toko, Koperasi dll, bisnis ppob juga dapat dijadikan sebagai usaha pokok jika anda serius dalam menekuninya.

Bisnis ppob juga sangat cocok dijalankan oleh para ibu rumah tangga yang ingin membantu menambah penghasilan rumah tangga, Tidak ada salahnya bukan jika seorang ibu rumah tangga menunggu suami pulang kerja sambil mencari penghasilan tambahan dengan menjalankan bisnis ppob atau usaha loket pembayaran?
Baca juga : Usaha Membuka Loket Pembayaran PPOB Dan Tiket Pesawat

Menjalankan bisnis ppob kini tidaklah sulit, anda hanya menyediakan perangkat komputer atau laptop, printer serta koneksi internet, dan jika ada bergabung bersama kami www.digitalpay.id untuk proses pendaftaran kami gratiskan tidak anda biaya regestrasi agen. Selain itu anda juga dapat bertransaksi menggunakan smartphone android sebab kami menyedikan aplikasi android PPOB DIGITALPAY.

Dasar Hukum Sistem PPOB

PT.PLN sendiri untuk meyakinkan dan menegaskan soal legalitas dan dasar hukum berdirinya PPOB. Pembayaran PPOB sudah sejalan dengan UU Perlindungan Konsumen, karena justru mengamanatkan kepada pelaku usaha untuk memberikan pilihan layanan yang lebih baik bagi konsumen di Tanah Air. Selain itu, tidak ada monopoli dalam jasa pembayaran rekening. Dalam hal ini, PPOB PLN tetap terjaga dengan baik dan diberikan kepada kalangan profesional untuk terlibat aktif sehingga pelayanan pelanggan semakin baik dari waktu ke waktu.

Pembayaran Listrik Online Bank mempunyai dasar hukum. Manajer Komunikasi Hukum dan Administrasi PT PLN mengatakan Payment Point Online Bank (PPOB) tidak sembarangan dapat di terapkan kepada masyarakat, khususnya pelanggan PLN pengguna jasa PPOB. sebab PPOB mempunyai dasar hukum yang kuat yaitu :

  1. UU No 10 th 1998 jo No 7 th 1998 tentang perbankan (psl 1 butir 2).
  2. Dasar hukum internal PLN tentang Peralihan Penerimaan Pembayaran ke
    PPOB yang berdasarkan Keputusan Direksi PLN No. 021.K/0599/DIR/1995
    tanggal 23 Mei 1995 tentang Pedoman dan Petunjuk Tata Usaha Pelanggan
    dalam hal ini fungsi penagihan.
  3. Edaran Direksi PT. PLN (Persero)
    No. 010.E/012/DIR/2002 tanggal 29 Juni 1984 tentangĀ  Penyelenggaraan bank
    dan PT. Pos Indonesia diberikan kewenangan utuk memberikan jasa dalam
    lalu lintas Pembayaran.
  4. Juga berdasarkan UU No.7 tahun 1992.
  5. UU NO.10 tahun 1984 tentang Perbankan
  6. UU No.6 tahun 1984 tentang Pos.

Dengan menggunakan sistem PPOB pelanggan di bebankan biaya tambahan admitrasi sebesar Rp.1600 bahkan ada yang lebih. Dan sehubungan dengan adanya protes di masyarakat tentang besarnya pungutan administrasi bank sebesar Rp.1.600 di PPOB, itu sebenarnya sah sebab sudah sesuai dengan ketentuan UU perbankan, hak bank untuk mengenakan biaya administrasi. hal itu sesuai pula dengan bunyi pasal 1395 KUHP Perdata yaitu, biaya yang harus di keluarkan untuk menyelenggarakan pembayaran di tanggung oleh debitur/pihak yang mempunyai kewajiab melakukan pembayaran.

Dengan adanya peluang usaha tersebut berarti sistem PPOB dapat juga membuka lapangan kerja sehingga dapat menurunkan pengangguran, yang berarti turut berkontribusi pada stabilitas sosial dan ekonomi masyarakat. PPOB memungkinkan adanya sinergi dan integrasi pelayanan antar berbagai instansi penyedia layanan publik seperti PLN, bank, kantor pajak, dan instansi pemerintah lainnya sehingga dapat diperoleh efesiensi nasional.

Jaringan luas didukung jaringan perbankan , pelanggan kini dapat membayar Listrik dimana saja dan dengan cara apa saja melalui delivery channel (ATM, Teller, Autodebet, Internet Banking, SMS Banking, Mobile Banking, SST, EDC, Transfer RTGS), atau mitra bank, baik perseorangan maupun badan usaha.

Jika anda berniat membuka usaha pembayaran PPOB silahkan bergabung bersama kami DIGITALPAY, melayani pembukaan loket pembayarann PPOB (Payment Point Online Bank) Transaksinya menjangkau ke seluruh wilayah Indonesia. Transaksi menggunakan program web based system maka akan sangat cepat dan ringan untuk di akses, selain itu jika komputer anda rusak data transaksi tetap aman karena data anda tersimpan di server kami. 100% online dan sistem fee realtime langsung masuk ke saldo/quota di setiap per transaksinya, maka penerimaan fee tidak harus menunggu bulan berikutnya. untuk gabung bersama kami silahkan klik menu CARA DAFTAR.

Tags: angen-tiket-kereta-api-di-bantul-daerah-mana bayar bpjs bayar listrik bayar PDAM bayar telepon dasar-hukum-sistem-ppob-untuk-pln ppob-itu-apa tiket kereta api tiket pesawat www-digitalpay-com

author
Penulis: 

Posting Terkait "PPOB Itu Apa?"

PPOB DIGITALPAY Fee Tertinggi
Salah satu system mekanisme pembayaran tagihan listrik